Rabu, 18 April 2012

Jalan-Jalan ke Kota Sengkang


Apabila anda berkunjung ke kota Sengkang, ibu kota kabupaten Wajo Sulawesi Selatan, anda dapat melewati dua jalur. Jalur yang pertama akan melewati Maros, Pangkep, Barru, Pare-Pare,Sidrap, dan kemudian akan sampai di Sengkang. Sedangkan jalur yang kedua melewati Maros, Bone, dan Soppeng.
Pada jalur pertama, anda akan melewati Maros yang di sepanjang jalannya terdapat banyak penjual jajanan kue atau roti khas Maros, roti ini disebut Roti Maros karena dibuat langsung oleh masyarakat Maros dan dibuatnya di Maros pula. Di Pangkep, anda akan menjumpai warung-warung kecil di pinggir jalan tepatnya di Kecamatan Segeri Kabupaten Pangkep. Warung-warung ini menjajakan Dange makanan khas Pangkep yang terbuat dari campuran beras ketan hitam dengan gula merah. Kue tersebut dipanggang dengan cara ditongkok (ditutup) dengan penutup yang terbuat dari tanah liat yang biasa disebut dengan palekko. Di Barru sampai Pare-Pare, anda akan disuguhi pemandangan yang indah terbentang lautan luas di pinggir jalan yang berada antara Barru dengan Pare-Pare. Memasuki Pare-Pare, lautan tersebut semakin tampak jelas terlihat dari atas bukit-bukit yang berada di pusat kota Pare-Pare. Dan di Sidrap, kiri-kanan anda memandang akan terlihat hamparan sawah yang begitu luas. Dan apabila melewati Sidrap pada musim panen padi, anda akan disuguhi dengan upacara pesta panen Mappadendang yang dilaksanakanwarga sekitar.
Pada jalur kedua, anda hanya melewati tiga kabupaten. Yakni, Maros, Bone dan Soppeng. Jalur yang satu ini sangat berbeda dengan jalur pertama tadi. Pemandangan yang indah dengan suasana pegunungan sangat terasa jika anda melewati jalur ini. baru sekitar dua puluh kilometer dari kota Maros, anda akan menjumpai Wisata Alam Bantimurung yang di dalamnya terdapat air terjun dan berbagai jenis kupu-kupu langka. Jika anda tidak terbiasa melewati jalur yang berkelok-kelok, anda jangan coba-coba melewati jalur ini. Karena tidak jauh dari Bantimurung, anda akan disuguhi dengan jalan yang berkelok dan hutan belantara yang masih segar dan terlihat belum terlalu tersentuh tangan manusia. Tebing-tebing yang menjulang tinggi tepat di samping kiri-kanan jalan akan sering anda jumpai pada jalur ini. Memasuki Bone, anda masih saja akan mendapat pemandangan yang indah. Kabupaten Bone sangat terkenal dengan masyarakatnya yang sangat antusias bercocok tanam, utamanya tanaman palawija seperti jagung, semangka, kacang tanah dan masih banyak yang lain. Saama seperti Bone, Soppeng juga terkenal dengan masyarakatnya yang gemar bercocok tanam. Sampai di Sengkang, anda bisa menikmati pemandangan yang berbeda dengan Kabupaten-Kabupaten lain di Sulawesi Selatan. Hanya di kota Sengkang anda dapat menumpai danau, yakni Danau Tempe yang terbentang di sebelah barat kota Sengkang.
Bukan hanya keindahan Danau Tempe yang dapat anda nikmati di Kota ini. Anda juga dapat melihat Rumah Terapung yang berada di tengah-tengah Danau Tempe. Dan juga anda akan melihat kendaraan yang paling banyak di kota ini, yakni Bemor, atau Bentor perpaduan antara becak dan motor.

Tidak ada komentar: